RiauCitizen.com, Pendidikan - Seperti sudah menjadi agenda tahunan, program Kuliah Kerja Nyata (KKN) selalu diadakan pada setiap universitas di Riau, termasuk program KKN dari Universitas Riau (Unri). Beragam kegiatanpun turut menyertai kegiatan tersebut.

Kali ini, puluhan Mahasiswa KKN Unri Tahun 2015 melakukan kegiatan penyuluhan di Desa Balam Merah, Kecamatan Bunut, terhadap bahaya penyakit Ispa. Hal ini dilakukan mengingat sudah sepekan ini Kabupaten Pelalawan sudah diselimuti kabut asap tipis akibat dari karhutla yang ada di Riau.

"Selama hampir sebulan kedepan, 15 rombongan dari mahasiswa Unri melakukan KKN di Desa Balam Merah Kecamatan Bunut. Kami disini melakukan penyuluhan tentang bahaya ISPA kepada ratusan murid SDN 002 Balam Merah," jelas Cici Fitria Ulandari, mahasiswa KKN Unri Selasa (7/7/2015).

Adapun tujuan penyuluhan yang diberikan kepada ratusan murid SD ini, lanjut Cici, dikarenakan saat ini bahaya asap dan lingkungan yang kurang kondusif bisa membuat anak-anak terkena penyakit seperti batuk, demam dan flu.

Dalam penyuluhan tersebut, lanjutnya mendapat respon yang positif baik dari siswa maupun dukungan dari kepala sekolah dan guru-guru yang mengajar di SDN 002 Balam Merah, Kecamatan Bunut.

"Karena itu kami menilai perlu memberikan pemahaman tentang ISPA sejak dini dan supaya kedepannya bahaya ISPA dapat di hindari karena anak-anak ini sudah mengetahui penyakit tersebut," ujarnya.

Untuk itu dirinya berharap, dengan adanya penyuluhan ini anak- anak sendiri bisa paham dan mengerti mengenai bahaya ISPA terutama gejala dan cara pencegahannya.

"Agar mereka tahu apa yang dapat dilakukan untuk mengobatinya, karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati," tutup Cici. (dow/btp)

Post a Comment

Powered by Blogger.